Thursday, January 18, 2018

Perkembangan Arti Dokumentasi #1


Istilah dokumentasi yang digunakan dalam Bahasa Indonesia berasal dari kata documentatie ( Belanda ) yang sebenarnya berasal dari kata dasar document. Dari kata dasar tersebut terbentuklah kata turunan seperti documentalist, documenten, documentatie, documenteren. Dalam bahasa inggris, dikenal juga istilah doucumentation berasal dari kata document yang sebenarnya merupakan kata kerja dan kata benda. Bila document merupakan kata benda, maka artinya ialah setiap benda yang memuat atau berisi rekaman informasi. Bila merupakan kata kerja, maka to document berarti mencatat, merekam, membuat menjadi dokumen. Kata documentation sendiri sudah dikenal sejak abad 18 seperti dimuat dalam Oxford English Diactionary yang memberikan contoh sebagai berikut :

1754   Richardson, Grandison, vi,xxv,  143
Not another word of your documentation

Walaupun istilah dokumentasi sudah dikenal sejak abad 18, istilah itu sendiri baru populer pada abad 19. Istilah tersebut muncul pada tahun 1895 untuk pertama kali dikemukakan di Brussel oleh Paul Otlet dan Henri la Fontaine, kedua-duanya dari Belgia. Sebelumnya mereka telah melakukan pertemuan pada tahun 1892 dirumah Otlet dirue de Florence, Brussel membahas tentang kegiatan bibliografi. Mereka mendirikan Office International de Bibliographie. Sebagai perkembangan lebih lanjut maka pada tahun 1895 di ibukota Belgia Brussel berdirilah sebuah organisasi bernama Institut Internationale de Bibliographie (IIB) yang bergerak dalam bidang dokumentasi. Pendirian organisasi tersebut dilakukan beberapa saat setelah usai International Bibliographcal conference pada tahun 1895.

Ketika dikemukakan pertama kali pada tahun 1895, istilah dokumentasi bermakna sama dengan istilah pengawasan bibliografi artinya pengawasan dan pencatatan terhadap luaran literer yang berasal dari beberapa negara. Kalau dalam bahasa Inggris definisnya berbunyi " documentation is equivalent bibliographic control of the complete literary output of diferent countries. Dengan kata lain dokumentasi berusaha mencatat semua buku yang terbit disemua tempat dari segala abad.

sumber buku : Pengantar Dokumentasi
penulis          : Sulistyo-Basuki


Bersambung....

No comments:

Post a Comment