Wednesday, February 7, 2018

Perkembangan Arti Dokumentasi #4



Lanjutan ...


American Documentation Institute mengubah namanya menjadi American Society for Information Science disingkat ASIS pada tahun 1968. Organisasi ini memberi definisi ilmu informasi sebagai ilmu yang mengkaji sifat dan dan perilaku informasi, daya yang mengatur arus informasi serta sarana pengolahan informasi untuk dimiliki dan digunakan seoptimum mungkin. Proses tersebut meliputi asal usul, pengumpulan, penataan, penyimpanan, temubalik, pemencaran, penafsiran dan penggunaan informasi. Seperti dikatakan dalam bahasa Inggris :

"Information science is the science that investigates the properties and behavior of information, the forces governing the flow of information and the means of processing information for optimum accessibility dan usability. The proces include the origination, collection, organization, storage, retrieval, dissemination, interpretation and use of information".

Bila pembaca menyimak definisi ilmu informasi sebagaimana diberikan oleh ASIS maka pembaca melihat terdapat perbedaan besar antara definisi yang diberikan oleh ASIS dengan definisi dokumentasi yang telah ada sebelumnya. Menurut ASIS ilmu informasi berasal dari atau berkaitan dengan matematika, logika, linguistik, psikologi, komputer, " operations research ", grafis, komunikasi, ilmu perpustakaan, manajemen dan ebebrapa bidang lainnya. Perubahan nama dari American Documentation Institute menjadi American Society for Information Science berpengaruh terhadap penggunaan istilah dokumentasi. Sebagai sebuah kajian ilmiah, istilah dokumentasi di AS diganti menjadi ilmu informasi. Pada tahun 1999 anggota ASIS mengusulkan perubahan nama menjadi American Society for Information Science and Technology (ASIST) dan nama ini mulai berlaku sejak tahun 2001.

FID menyatakan bahwa dokumentasi ialah penyusunan, penyimpanan, temu balik, pemancaran, evaluasi informasi terekam dalam bidang sains, teknologi, ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan. Bila menggunakan bahasa Inggris, maka bunyinya menjadi :

"Documentation is organization, storage, retrieval, dissemination, evaluation of information recorded in the field of science, technology, social sciences and humanities".

Definisi tersebut dianut hingga kini dan definisi tersebut yang dianut dalam buku ini.


Sumber Buku : Pengantar Dokumentasi 
Penulis : Sulistyo-Basuki


Bersambung ...




No comments:

Post a Comment