Wednesday, February 28, 2018

Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem #6

Lanjutan....



6. Memudahkan Pengembangan Usaha

Banyak sekali pengusaha konvensional yang saya jumpai mengeluh sulit mengembangkan usaha karena terbentur masalah modal. Betulkah demikian ? Benarkah bahwa modal itu menghambat seseorang untuk maju dan berkembang. Jika memang demikian, mengapa di negeri ini banyak konglomerat yang bisnisnya menggurita ? Seorang pengusaha berpotensi menjadi seorang konglomerat jika ia mampu mengembangkan usahanya dengan mudah.

Dari contoh ayam goreng Indonesia versus ayam goreng Amerika dan warung kelontong versus minimarket, kita tentu akan mudah menangkap pesan ini. Mengapa ayam goreng Amerika dan minimarket modern itu mudah berkembang di segala pelosok negeri ini, sedangkan ayam goreng Indonesia dan warung kelontong selama bertahun-tahun hanya mampu berdiri di satu tempat ?

Ayam goreng Amerika bisa menjelajah dunia karena sistem bisnis, demikian pula minimarket modern yang mampu membuka ribuan geraii di seluruh pelosok Indonesia. Jadi, apakah kita masih iri hati jika belum memiliki sistem bisnis secanggih mereka ?

Bisnis yang memiliki sistem yang baik sangat mudah dikembangkan. Mengapa demikian ? Sebab sistem itu bisa menumbuhkan bisnis di mana-mana, sedangkan bisnis konvensional tergantung dengan one man show pemiliknya. Tangan kita hanya dua. Otak kita hanya satu. Mana mungkin kita mengurus 50 toko pada saat bersamaan tanpa sistem operasional yang memadai ?

Percayakah Anda bahwa investor lebih percaya kepada sistem dari pada diri kita ? Jangan salah sangka. Seberapa pun terkenalnya kita, jika kita tidak memiliki sistem operasional bisnis, bisnis yang kita jalankan seperti mobil tanpa mesin yang ditawarkan kepada pemebeli dengan harapan ada yang mau membeli dengan harga normal. Coba cermati Hukum Kehati-hatian Investasi berikut ini :


" HUKUM KEHATI-HATIAN INVESTASI "

Barangsiapa percaya pada lidah tak bertulang, investasinya tidak pernah kembali. Barangsiapa percaya pada sistem bisnis yang sudah terbukti menguntungkan, nilai investasinya akan berlipat ganda sesuai harapannnya. (Ekotama, 28 Desember 2009)


Sumber Buku : Standard Operating Procedure
Penulis : Suryonoekotama


Bersambung....




No comments:

Post a Comment