Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem
Bahwasanya usaha
bersistem memiliki keunggulan yang dapat diandalkan. Berikut ini uraian
keunggulan-keunggulannya lebih terperinci :
1. Lebih Rapi
Usaha
bersistem lebih rapi segala-segalanya. Coba lihat dan bandingkan warung
kelontong dengan jaringan minimarket waralaba. Apa yang kita lihat ?
Kita
akan melihat perbedaan yang sangat mencolok. Pada usaha konvesional
(tradisional), tidak ada unsur kerapian. Kalau pun ada, itu adalah versi
pemiliknya yang belum tentu menari calon konsumen. Sedangkan pada jaringan
minimarket waralaba, kita akan mendapat tempat yang bersih, rapi, dan harum.
Selain itu ada kemudahan mendapatkan barang dan kemudahan ,mendapatkan barang
dan kemudahan transaksi yang menjadi dambaan semua konsumen.
Lihat
juga restoran biasa dan restoran bersistem yang dikembangkan dengan sistem
waralaba. Pada restoran biasa, kita akan sering dibuat jengkel dengan pelayanan
para waitress yang sering kali tidak ramah, pelayanan lama, masih pakai salah
saji lagi. Sedangkan pada restoran bersistem, kita segera dapat menyantap menu
yang kita pesan, masih ditambah dengan keramahan yang luar biasa dan transaksi
yang cepat.
Masih
ingatkah kita dengan pelajaran yang diberikan guru-guru saat duduk dibangku SD
? Mereka bilang bahwa kita harus selalu bersih dan rapi. Kita diajari untuk
menjadi manusia yang beradab. Jika kita bersih dan rapi, orang lain pun tidak
akan keberatan bergaul dengan kita. Sebaliknya, jika kita jorok dan tidak
teratur, orang lain pasti akan mencium bau tidak sedap dan menjauhi kita.
Apakah kita sudah melupakan pelajaran dasar ini ?
Banyak
orang yang sudah terjun ke dunia usaha untuk mencari nafkah, orientasinya hanya
mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Saat kita hanya berorientasi pada
hal ini, maka pikiran kita hanya terpaku disitu. Kita melupakan pelajaran dasar
itu. Jika kelalaian ini dimanfaatkan pesaing dengan mudah, maka kita akan kalah
dalam hal kualitas. Padahal membentuk kualitas itu membutuhkan waktu yang
panjang. Kekalahan satu hari bisa membuat kita menebusnya selama bertahun-tahun
untuk mencapai kualitas yang sama. Hal ini sama seperti yang diungkapkan Hukum
Kualitas berikut ini :
HUKUM
KUALITAS
Barangsiapa
bekerja terus-menerus untuk melahirkan sesuatu yang baik, ia telah memperbaiki
kualitas-nya setiap saat. Barangsiapa kalah dalam kualitas, ia harus bekerja
keras selama bertahun-tahun hanya untuk mencapai kualitas yang sama. (
Ekotama, 28 desember 2009 )
Jadi,
kerapian itu adalah bagian dari kualitas usaha kita. Yang dimaksud rapi adalah
rapi mulai dari produk dan kemasan, distribusi, display/tempat jualan, personel
hingga administrasi. Sudahkah kita memiliki ini semua ? Jika belum, sekaranglah
saatnya untuk membuat sistem yang dapat merapikan usaha kita.
Penulis : Suryonoekotama
Bersambung....
No comments:
Post a Comment