Monday, February 19, 2018

Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem #1

Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem


Bahwasanya usaha bersistem memiliki keunggulan yang dapat diandalkan. Berikut ini uraian keunggulan-keunggulannya lebih terperinci :


1. Lebih Rapi

Usaha bersistem lebih rapi segala-segalanya. Coba lihat dan bandingkan warung kelontong dengan jaringan minimarket waralaba. Apa yang kita lihat ?

Kita akan melihat perbedaan yang sangat mencolok. Pada usaha konvesional (tradisional), tidak ada unsur kerapian. Kalau pun ada, itu adalah versi pemiliknya yang belum tentu menari calon konsumen. Sedangkan pada jaringan minimarket waralaba, kita akan mendapat tempat yang bersih, rapi, dan harum. Selain itu ada kemudahan mendapatkan barang dan kemudahan ,mendapatkan barang dan kemudahan transaksi yang menjadi dambaan semua konsumen.

Lihat juga restoran biasa dan restoran bersistem yang dikembangkan dengan sistem waralaba. Pada restoran biasa, kita akan sering dibuat jengkel dengan pelayanan para waitress yang sering kali tidak ramah, pelayanan lama, masih pakai salah saji lagi. Sedangkan pada restoran bersistem, kita segera dapat menyantap menu yang kita pesan, masih ditambah dengan keramahan yang luar biasa dan transaksi yang cepat.

Masih ingatkah kita dengan pelajaran yang diberikan guru-guru saat duduk dibangku SD ? Mereka bilang bahwa kita harus selalu bersih dan rapi. Kita diajari untuk menjadi manusia yang beradab. Jika kita bersih dan rapi, orang lain pun tidak akan keberatan bergaul dengan kita. Sebaliknya, jika kita jorok dan tidak teratur, orang lain pasti akan mencium bau tidak sedap dan menjauhi kita. Apakah kita sudah melupakan pelajaran dasar ini ?

Banyak orang yang sudah terjun ke dunia usaha untuk mencari nafkah, orientasinya hanya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Saat kita hanya berorientasi pada hal ini, maka pikiran kita hanya terpaku disitu. Kita melupakan pelajaran dasar itu. Jika kelalaian ini dimanfaatkan pesaing dengan mudah, maka kita akan kalah dalam hal kualitas. Padahal membentuk kualitas itu membutuhkan waktu yang panjang. Kekalahan satu hari bisa membuat kita menebusnya selama bertahun-tahun untuk mencapai kualitas yang sama. Hal ini sama seperti yang diungkapkan Hukum Kualitas berikut ini :


HUKUM KUALITAS

Barangsiapa bekerja terus-menerus untuk melahirkan sesuatu yang baik, ia telah memperbaiki kualitas-nya setiap saat. Barangsiapa kalah dalam kualitas, ia harus bekerja keras selama bertahun-tahun hanya untuk mencapai kualitas yang sama. ( Ekotama, 28 desember 2009 )


Jadi, kerapian itu adalah bagian dari kualitas usaha kita. Yang dimaksud rapi adalah rapi mulai dari produk dan kemasan, distribusi, display/tempat jualan, personel hingga administrasi. Sudahkah kita memiliki ini semua ? Jika belum, sekaranglah saatnya untuk membuat sistem yang dapat merapikan usaha kita.


Sumber Buku : Standard Operating Procedure
Penulis : Suryonoekotama



Bersambung....


No comments:

Post a Comment