Monday, February 19, 2018

Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem #2

lanjutan....


2. Lebih Efisien 

Usaha yang bersistem itu pasti lebih efisien dibandingkan usaha biasa yang kita kelola apa adanya. Efisiensi membantu menumbuhkan keuntungan kita secara bertahap. Bayangkan jika kita mengelola usaha yang tertata rapi, lalu bendingkan jika mengelola usaha yang semrawut. Lebih mudah mengelola yang mana ?


Saat kita masuk minimarket modern, kita bisa berbelanja dalam hitungan menit. Kita bisa mengambil barang secara cepat dan transaksinya juga cepat. Kalaupun dibutuhkan bantuan pramuniaga, ia hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencari barang di gudang dan meyerahkannya pada kita.
Sebaliknya saat kita berbelanja diwarung kelontong, kita harus menunggu antrean yang panjang karena pemiliknya sedang melayani pembeli lainnya. Saat kita membutuhkan barang, si pemilik harus mengambilkan terlebih dahulu. Transaksi tidak bisa  cepat karena dilakukan secara manual. Belum lagi kalau pemilik tidak punya uang kembalian, ia harus menukar uang terlebih dulu ke warung tetangga. Hasilnya: transaksi diwarung kelontong jauh lebih lama dibandingkan transaksi di minimarket.


Lebih esisien mana ? Secara kasat mata kita pasti mudah menilai bahwa transaksi di minimarket lebih efisien. Efisiensi ini bermanfaat banyak sekali bagi pengusaha. Seorang pengusaha konvensional membutuhkan 5 menit untuk menyelesaikan satu kali transaksi. Bandingkan dengan pramuniaga minimarket yang hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk sekali transaksi. Siapa yang lebih untung ? Tentu minimarket. Mengapa demikian ? Dalam 5 menit ia bisa melayani dua kali transaksi, sedangkan pengusaha konvensional baru sekali transaksi. Inilah yang menyebabkan minimarket modern lebih berpotensi mendulang keuntungan lebih banyak dibandingkan warung kelontong tradisional.


Jika dibuat dengan sungguh-sungguh, sistem operasional yang itu bisa meningkatkan efisiensi usaha. Buku ini akan menuntun kita mengenali sistem operasional usaha dan memberikan sedikit wawasan untuk menyusun sistem yang menguntungkan usaha kita.



Sumber Buku : Standard Operating Procedure
Penulis : Suryonoekotama



Bersambung...

No comments:

Post a Comment