Tuesday, February 20, 2018

Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem #3

Lanjutan....

3. Lebih Kompetitif

Oleh karena rapi, efisien, dan berkualitas baik, usaha bersistem selalu lebih kompetitif dibandingkan usaha konvensional. Yang dimaksud lebih kompetitif adalah jauh lebih mampu memenangkan persaingan dibandingkan pelaku ussaha lainnya. Tertarik ? Pasti. Siapapun yang memiliki usaha pasti ingin selalu memenangkan persaingan. Jadi, pertanyaanya: Apakah bersaing itu sulit ? Lihat saja kehadiran minimarket atau supermarket yang dalam sekejap mata bisa menarik para konsumen untuk berbelanja dan membuat mereka lupa terhadap toko kelontong langganannya.

Ternyata bersaing itu tidak sulit kan ? Jika kita mampu melahirkan sistem yang membuat usaha kita rapi, efisien, dan berkualitas baik, itu sudah cukup sebagai senjata untuk memenangkan persaingan. Jadi, kita tidak perlu menggunakan cara-cara tidak sehat bahkan di luar akal sehat.

Dari cerita ayam sistem Indonesia versus ayam sistem Amerika atau cerita warung kelontong versus minimarket, kita bisa menilai siapa yang lebih kompetitif. Jadi, jangan membenci usaha-usaha modern yang tumbuh di lingkungan kita. Mereka bisa eksis karena telah menciptakan sistem lebih unggul dibandingkan usaha milik tetangga kita atau mungkin usaha milik kita. Hargailah kerja keras mereka dan akuilah kalau kita ketinggalan zaman. Cermatilah Hukum Kompetisi yang Sehat berikut ini :

" HUKUM KOMPETISI YANG SEHAT "
Barangsiapa menjatuhkan pesaingnya dengan segala upaya, ia sedang berperang yang dapat menyedot anggaran belanja. Barangsiapa berkompetisi, ia memiliki keunggulan yang sulit ditandingi pesaingnya dan mendatangkan lebih banyak uang bagi dirinya dan lingkungannya. (Ekotama, 28 Desember 2009)


Jadi, hati-hati dengan kompetisi. Banyak orang terjebak untuk mengalahkan pesaing. Tujuannya adalah meniadakan persaingan. Betulkah demikian ? Yang jelas, upaya seperti ini hanya akan menggerogoti anggaran. Kita hanya membuang-buang waktu untuk mengurusi orang lain (pesaing kita). Mengapa kita tidak berfokus untuk memperbaiki kinerja sehingga memiliki daya saing yang lebih kuat dibanding pesaing ? Hanya sedikit orang yang mampu berpikir seperti ini. Namun saya yakin, Anda salah satunya.


Sumber Buku : Standard Operating Procedure
Penulis : Suryonoekotama


Bersambung...

No comments:

Post a Comment